Minggu, 04 Maret 2012

S A S I N A

Sebelum nama Sasina dicetuskan, ada Barisan Musik Vokal (BMV) yang memusikalisasi puisi. Umar Muslim merupakan salah satu perintis BMV yang anggotanya antara lain Rustanto Sudin dan Ninin. Namun, pada tahun 1991, kegiatan BMV dapat dikatakan vakum karena tidak ada lagi penerusnya.

Nama “Sasina” pertama kali diusulkan oleh M. Hasan. Sasina merupakan kependekan dari Sastra Indonesia. Sesuai permintaan dan bantuan alumni seperti Asep Sambodja dan yang lainnya, deklarasi resmi Sasina diadakan dengan sebuah konser pada tanggal 16 September 1996. Saat itu M. Hasan, Untung Yuwono, dan Yokebed (Betty) merupakan anggota Sasina yang tampil dalam konser perdana tersebut. Mereka membawakan delapan puisi, di antaranya karya SDD dan Asep Herna yang telah dimusikalisasi. Konser yang mencuatkan nama Sasina ini diadakan di Auditorium Gedung IV FIB UI. Pada konser perdana tersebut, Sasina mengundang Sapardi Djoko Damono, Wahyu Wibowo, Dekanat FIB pada waktu itu, serta dosen-dosen Program Studi Indonesia, dan BIPA.

Keanggotaan Sasina yang dapat berubah-ubah bertujuan agar musikalisasi puisi dalam IKSI dapat terus hidup. Selain itu, tidak ada penentuan aliran atau pengaturan jenis musik dalam memusikalisasi puisi, hanya musik dari hati. Pada masa awal terbentuk, referensi pencetus-pencetus Sasina di antaranya adalah Iwan Fals. Bahkan, Untung Yuwono mengaku suka mendengarkan lagu dari band-band seperti White Lion dan Rolling Stones serta musik-musik yang lazim didengar anak-anak muda pada saat itu. Setelah itu beliau mengizinkan kami mendengar rekaman yang pernah dibuat bersama M. Hasan.
  
Untung Yuwono dan M. Hasan pernah membuat rekaman musikalisasi puisi, tetapi hanya untuk dokumentasi pribadi. Untung Yuwono mendukung Sasina yang sedang merencanakan komersialisasi album. Beliau juga setuju dengan kesimpulan jangan sampai kita menghilangkan esensi bahwa Sasina adalah milik bersama. Oleh karena itu, mari kita hidupkan musikalisasi puisi dan terus menjaga Sasina!  

Ketua Umum : Yosepha 
Manajer         : Galuh Sakti (08568433733)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar